Guide leadership from Pionering

​Tim pionering
Nah ini lanjutan dari Road to Temu Pembina 3

Seperti judul ny gua tergabung dalam tim pionering service team Temu Pembina 3 bersama pelatih: kak prapto, kak Jerry, dan kak Anang
Koordinator : Kak Vita dari jogja
Anggota :
Palembang : andrean, Abraham, Kelvin
Malang : Monic, Patrick, Boni
Klaten, jogja dan surakarta : Taufik, Tya, Tifani

Wah kali ini kisah gue selama 6 hari bertugas di pionering TB 3…saat pertama kami brifing ya kami bagaikan di dalam hutan yg sunyi tampa suara, maklumlah ya kita aja baru kenal…lalu dimoderatorin oleh kak jerry…kesan pertamaku ya melihat kak jerry orng ny keras…tp setelah 5 menit pikiran ku berubah menjadi kak jerry orng ny lucu dan luar biasa…
Dy selalu memotivasi kami dan begitu suka dengan kalimat motivasi…ya walau sedikit keras juga…haha…tp kerasny untuk kebaikan kami semua…gua banyak belajar dari kak jerry…jd pramuka itu harus bisa memanfaatkan alam sekitarny…dan sejalan bersamaku bahwa it’s okey i make a mistake…karena kita sedang belajar…tp walau begitu ya harus meminimalkan kesalahan

Hari pertama hari kedua kami masih diem” semua…tp hari ketiga kami ngerusuh….dan semakin akrab…karena kerjaanny 12 jam bro…dari 7 pagi sampai 7 malam….

Lalu lanjut ke kak prapto…wah kakak yg satu ini boleh diteladani…banyak pengalaman hidup ny…orang ny fleksibel…dan kalo dy ngomong tu anggun sekali kayak mario teguh

Dan satu lg kak Anang…yg sedikit berbicara tp praktek ny bagus sekali

Nah dari tim pionering ini banyak sekali gue belajar jika dikaitkan ke pengalaman ku berorganisasi

Sering sekali dalam sebuah organisasi ketika ad yg melakukan kesalahan kita ingatkan…eh mereka malah tersinggung dan memusuhi kita
Tp mereka para pelatih tidak…contoh ny saja ketika ad yg melakukan kesalahan perintah kakak yg lain langsung menegur…tp tidak di ambil hati mereka mengakui kesalahan mereka dan menganggap itu masukan buat mereka bukan hinaan…sehingga yg satu minta maaf yg satuny lg tidak tinggi hati…dan besok ny lg mereka lebih kompak satu kata….mereka memang punya cara tersendiri….tp mereka saling mendukung itulah yg ku nilai dari ke 3 pelatih tersebut…dan kak prapto menjelaskan kepada ku ketika ak bertanya….jawabanny adalah…kami para pelatih memang gitu…dididik agar kalo ad yg salah diberi tau nanti mereka minta maaf…sudah begitu etiket ny…wah luar biasa pikirku…..mereka pelatih padahal…jabatanny tinggi…tp merendah…mungkin itulah ajaibny pramuka…tri satya dan dasa darma selalu diamalkan itu pramuka sejati

Pelajaran lain yg kudapatkan…jd pemimpin itu jangan terlalu keras dan lembut….tp sedang dan fleksibel….terkadang mereka mendengarkan masukan kami service team kalupun masukan kami tidak tepat mereka akan menjelasan…tp kalo masukan kami bener….mereka menerima tidak gengsi dan mereka menjawab…gpp kita sama” belajar…karena menurut mereka mana yg terbaik itu harus dilakukan…dan jd pemimpin itu mengayomi…mereka tidak pernah memarahi kami tp kalau kami telat makan dan tidak tidur kami dimarahi di suruh makan dan tidur dulu sambil menunggu peserta datang…dan pemimpin harus membuat anggota ny nyaman dan berkomunikasi secara terus menerus…dan karya kami tidak langsung di kritik tp dipuji oleh mereka dan mereka memberi saran baru…tp mereka memperlakukan kami dengan baik dan tidak pelit ilmu….serta mereka punya greget…dan target dalam mengkoordinir kami..
Banyak deh pelajaran yg gue dapatin di tim pionering…kalo ku nilai sih tim pionering kami pelatih ny paling baik dan luar biasa dari yg lain

Mereka mengajarkan kepemimpinan untukku…kak jerry mengajarkan cara memotivasi…kak prapto mengajarkan bersosialisasi sama anggota karena kebetulan kak prapto ketua TKK MPK Keuskupan Surabaya….kak anang mengajarkanku pengalaman hidup ny yg dimulai dari nol di kepramukaan hingga bisa seperti sekarang
Dan masih banyak lg pengalaman dan pelajaran hidup yg amat sangat berharga…inti ny satu, berbaur lah bersama orng” berkomunikasilah…dan yg terpenting bukan hasilny tp prosesny.

Terima kasih the next Road To Andong 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s